Perbandingan Permainan Game Anak dan Dewasa

Permainan game tentu saja tidak bisa dipisahkan dari semakin pesatnya teknologi yang ada pada saat ini. Ada berbagai macam permainan yang dapat diakses secara online dengan beragam genre mulai dari genre ringan sampai genre strategi kelas berat yang tidak semua orang menyukainya. Namun secara garis besar, pembuatan game ada yang memang ditujukan untuk anak-anak yang sengaja disetting sesuai denga kemampuan kognitif seumurannya. Game jenis ini tentu berbeda dengan game untuk usia dewasa. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan beberapa contoh game permainan anak yang sesuai dengan umurnya dan game permainan dewasa sehingga Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas perbedaan diantara keduanya.

Game untuk Anak

Game permainan anak dapat dilihat dari tingkat kesulitan dari misi dalam permainan tersebut. Contohnya adalah game Little Panda Restaurant. Game ini pada dasarnya adalah aktivitas memasak meliputi mengiris daging, memotong sayuran, mencampur adonan sesuai dengan perintah dalam game tersebut. Aktivitas memasak ini juga dilengkapi dengan peralatan memasak seperti kuali, oven, blender, pisau, dsb sehingga game ini nampak benar-benar real di mata pemainnya. Untuk membuatnya lebih sulit, para pemain akan diberikan misi untuk memasak di sebuah restoran sehingga misinya adalah memasak sesuai dengan perintah atau misi yang diberikan. Sangat sederhana bukan? Selain misinya yang sederhana, game untuk anak juga sering terlihat grafis yang sederhana dan colorful.

Sebagaimana tampilan grafis pada game Moana Island Life. Sebagaimana namanya, game ini memang diilhami dari karakter Moana dalam sebuah film karya Walt Disney. Game ini memang untuk anak-anak, namun memiliki misi yang sedikit rumit yakni membangun sebuah pulau lengkap dengan bangunannya. Selain itu ada juga misi seperti membuat kerajinan dan mengoleksi hewan yang ada di alam sekitarnya. Namun misinya tidak hanya itu, para pemain akan diajak berpetualang di kepulauan sekitar Oceania yang indah. Dari sini saja, sudah dapat dibayangkan betapa berwarnanya tampilan yang ada di dalam game anak ini. Mari kita lanjutkan untuk melihat contoh dari game dewasa dan kita bandingkan dengan 2 game yang sudah disebutkan di atas.

Game untuk Dewasa

Berbicara tentang game permainan dewasa, sebenarnya tidak selalu mengarah ke game yagn vulgar atau memperlihatkan aktivitas seksual di dalamnya. Kriteria sebuah permainan disebut game dewasa tidak hanya pada aspek itu, melainkan pada kesulitan sebuah misi. Sebut saja Counter Strike yang menjadi salah satu game paling legendaris di seluruh dunia. Selain memberikan misi yang lebih sulit dibandingkan dengan 2 nama game di atas, Counter Strike juga menampilkan aksi saling bunuh yang masuk dalam tindakan kekerasan. Game semacam ini tidak ditujukan untuk anak-anak, melainkan orang dewasa atau mereka yang berfikir dengan lebih matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *