Main Game Berikut Ternyata bisa bikin bahagia sampai percaya diri

Dampak positif Main Game

Pada hari ini, kita sudah banyak menemukan berbagai macam game di Indonesia maupun dunia. Game yang saat ini populer didominasi dengan game yang dapat dimainkan melalui smartphone. Beberapa diantara game jenis ini mampu merajai daftar game favorit dunia. Namun tahukah Anda, selain untuk sekadar hiburan, apa manfaat dari bermain game? Meski memiliki efek negatif seperti perubahan sikap yang lebih agresif dan kecanduan, ternyata beberapa riset menyebutkan game membawa dampak positif terhadap pemainnya, terlebih pada anak-anak. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa manfaat dari bermain game yang mungkin sebelumnya tidak disadari. Mari kita mulai dari manfaat yang pertama.

Efek Bahagia

Baik game online maupun game offline, semuanya memiliki manfaat. Namun sebagai gambaran, mari kita melihat game yang sudah sangat populer, yakni Angry Birds. Game sederhana yang sempat merajai dunia maya beberapa tahun yang lalu ini ternyata memberikan efek bahagia. Angry Birds dinilai mampu memperbaiki suasana hati pemainnya karena game ini mempromosikan relaksasi dan menghilangkan kecemasan. Manfaat ini terlihat dari suasana yang tergambar pada game tersebut yang disertai dengan grafis yang lucu dan menarik. Selain itu, Angry Birds juga mendorong pemainnya untuk berfikir lebih matang sebelum bermain terlebih setelah pemain mengalami kegagalan dalam menyelesaikan misi atau sebuah level tertentu. Apakah Anda menyadarinya?

Efek Penalaran

Mari kita beralih ke game yang lebih rumit seperti Call of Duty 2. Game ini sudah secara luas dikenal dan dinobatkan sebagai salah satu game terpopuler di dunia. Call of Duty 2 termasuk dalam game bergenre FPS atau First Person Shooter yang ternyata mampu memperkuat keterampilan kognitif seperti penalaran, navigasi penalaran, persepsi, dan memori. Bahkan sebuah studi menyebutkan game FPS berdampak pada pendidikan dan pengembangan karier karena akan membentuk keterampilan khusus untuk bidang teknologi, teknik, matematika, dan ilmu pengetahuan lainnya. Manfaat ini tidak ditemukan pada game jenis lain seperti teka-teki atau genre role-playing game. Pernah menyangka sejauh ini?

Efek Percaya Diri

Kemudian game yang membutuhkan kerja sama antar pemain akan mendorong pemainnya untuk saling percaya mulai dari hal yang paling mendasar yakni kepemimpinan. Selain kerja sama, game juga berdampak pada tingkat kefokusan pemainnya. Hal ini juga terjadi secara alamiah karena ketika seseorang bermain game, maka ia diharuskan fokus pada apa yang sedang ia mainkan. Kebiasan ini akan membuat pemain lebih jeli dan teliti di lingkungan mereka. Seiring berjalannya waktu, akan sangat mungkin ditemukan beberapa manfaat lain dari bermain game, baik secara online maupun offline. Meski memiliki manfaat yang tak terduga sebelumnya, bermain game tetap harus dibatasi agar kehidupan sosial tetap berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *